Install SFU (Service for Unix) di XP (for access NFS Server)

Oke dech ketemu lagi :) seperti biasa catetan baru nih, catetan yang sekarang tentang langkah-langkah install SFU (Service For Unix). Dijelasin dikit aja yah tentang SFUnya :D.

Seperti judulnya SFU ini digunain untuk ngakses direktori yang disharing lewat NFS (Network File System) biasanya digunain di server-servernya Linux. Nah kebetulan servernya kantorku pake Linux terus gunain NFS ini. Sebenernya ada juga sih program yang bisa kita install untuk akses NFSnya Linux, tapi aplikasinya trial (30 hari) jadi setelah masa trialnya habis kita install ulang aplikasi terus install lagi deh (nama aplikasinya ProNFS). Ehh setelah tanya-tanya ke mbah Google ternyata Microsoft punya juga tool (yang bernama SFU) untuk akses NFSnya Linux, mana gratis lagi (jarang kan Microsoft ngeluarin yang gratisan) :), ya cuma ukurannya aja yang gede sekitar 200MB. SFU ini bisa didownload disini.

Langsung aja ya kita bahas cara instalasi sampe cara mapping direktori di NFS servernya ke komputer kita (dengan asumsi SFUnya dah didownload loh :D he..he..) :

  1. Jalankan file hasil download.
  2. Pilih folder tujuan extract .
  3. Buka folder tujuan extract tadi dan jalankan file setup.exe.
  4. Klik Next.
  5. Isi User name dan Organization (bebas), kemudian klik Next.
  6. Klik I accept the agreement kemudian klik Next.
  7. Pilih Standard Installation kemudian klik Next.
  8. Klik Next.
  9. Klik Next.
  10. Klik Next.
  11. Klik Finish.
  12. Restart komputernya.
  13. Setelah di restart, buka Windows Explorer.
  14. Buka My Networks Places.
  15. Buka Entire Networks.
  16. Buka NFS Networks.
  17. Klik kanan di Favorite LAN.
  18. Kemudian klik Add/Remove Hosts.
  19. Klik Add Hosts.
  20. Masukkan nama host/IP NFS Server di kotak isian Host dan IP NFS Server di kotak isian Address, kemudian klik OK.
  21. Pilih folder yang mau di mapping, kemudian klik kanan.
  22. Klik Map Network Drive…
  23. Pilih akan di mapping kemana direktori tersebut (mis. Z:), klik Finish.
  24. Selesai deh, kalo berhasil ntar bakalan muncul drive baru (drive Z:) di My Computer anda, dimana drive ini merupakan hasil mapping direktori dari NFS Server tadi.
  25. Tamat :D he..he..

Bila menemui kesulitan jangan malu-malu bertanya ya :D ingat pepatah “malu bertanya sesat di jalan” atau ada yang mau mengomentari tulisan ini he..he… :)

Comments

comments

2 thoughts on “Install SFU (Service for Unix) di XP (for access NFS Server)

  1. Gia

    ehm.. sejauh ini sih saya tidak mengalami masalah, saya menggunakannya untuk aplikasi SPH (Pajak). Dimana aplikasi dijalankan di komputer client dan databasenya (Access) disimpan di NFS trus di mapping ke drive Z: (Reconnect at logon) emang sih kadang-kadang harus diconnect ulang :) tapi perkiraan saya sih kemungkinan di setting NFS servernya :D dan tidak menutup kemungkinan ada settingan yang harus diubah di SFU :D.
    Semoga membantu.

    Reply
  2. bintoro

    Setelah restart ada error An error occured while connecting to the NFS server. Tapi mapingnya berhasil. Kenapa ya ? DAn kadang .exe yg dijalankan hasil maping suka error juga.

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.