Blog(WordPress) di domain dan hosting sendiri

Ada beberapa keuntungan jika kita membuat blog dengan WordPress kemudian kita simpan di domain dan hosting kita sendiri dibanding dengan membuatnya di www.wordpress.com, seperti: template yang bisa kita upload sendiri (jika template yang tersedia di www.wordpress.com tidak ada yang cocok), atapun menambahkan plugin sendiri yang tidak tersedia di www.wordpress.com :D. Nah di tulisan ini bakalan saya bahas cara-cara untuk membuatnya :D

Langsung saja, yang perlu dipersiapkan :

  1. Domain
    • .com, .net, .org, .info, co.id, .web.id, .or.id (berbayar, jika memerlukan domain ini ada bisa menghubungi saya, he..he… nyisipin iklan)
    • .co.cc (gratis, bisa anda dapatkan di www.co.cc)
  2. Hosting
    • Berbayar, anda bisa memilih hosting yang servernya berlokasi di Indonesia(IIX) atau di luar negeri, harga yang ditawarkan mulai dari Rp.12000/thn dengan kapasitas 30MB dan 1 GB data bandwidth (bila memerlukan hosting anda bisa menghubungi saya :D he..he.. ngiklan lagi)

    • Gratis, saya sarankan disini www.000webhost.com, fasilitas: no ads, 250Mb diskspace, 100 GB data bandwidth, Cpanel.

  3. WordPress, untuk ini anda bisa menggunakan WordPress bawaan Cpanel (Fantastico) hosting anda (prosesnya lebih cepat anda tak perlu melakukan banyak setting dan konfigurasi). Tapi biasanya versi WordPress yang tersedia di Cpanel bukan versi terbaru, dan bila anda mau memakai WordPress dengan versi terbaru anda bisa download di www.wordpress.org kemudian menguploadnya ke tempat hosting anda, dan melakukan beberapa setting dan konfigurasi secara manual. Atau jika anda ingin tetap menggunakan WordPress bawaan Cpanel tetapi dengan versi WordPress terbaru anda bisa install WordPress nya lewat Cpanel kemudian anda download update WordPress versi terbarunya kemudian anda upload update WordPressnya ke Hosting anda :D (he..he.. seperti pepatah “banyak jalan menuju Roma“)

Nah selese satu tahap (tahap persiapan), tahap selanjutnya (Install WordPress) ntar saya buat di tulisan yang berbeda ya, soalnya kalo ditulis disini ntar kepanjangan tulisannya :D tunggu aja ya…..

2 Thoughts to “Blog(WordPress) di domain dan hosting sendiri”

  1. gia

    Halo juga mas sulhadi coba aja buka di http://www.rgiapratama.net/2008/04/18/mengurangi-spam-di-wordpress/
    Disitu ada langkah-langkah buat instalasinya koq :D

    HTH

  2. halo mas,

    mo tanya, tentang aksimet,
    bagaimana carannya mendapatkan kode supaya aksimet bisa aktif

    di blog saya ada tulusan”enter your WordPress.com API key”

    ini alamat blog saya, http://sulhadi.co.cc, saya pake housting gratisan,..

    mohon petunujuk ya,…

    makasih

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.