Install XP lewat Flashdisk di IBM T30

Mau berbagi pengalaman nih :D.

Kebetulan kemarin dapet pasien Notebook IBM T30, penyakit awalnya sih si wirelessnya ga bisa scan SSID yang ada, padahal jelas-jelas pake notebook yang lain kedetek. Analisa awal sih drivernya, dicoba diinstall ulang drivernya eh malah kena virus notebooknya (file driver di Hardisk eksternalnya ada virusnya) :( jadi lemot banget. Ya udah ambil jalan terakhir :D di install ulang deh … :D.

Eh pas mo install ulang CD Windowsnya aku masukin ke drivenya ga kebaca :( wah drivenya rusak juga nih :( Mana ga punya CD-ROM eksternal lagi :(, gak habis akal nyobain pake UFD deh installnya. Seperti biasa langkah pertama nanya ke mbah Google :D nemu artikel ini :

http://www.vandomburg.net/installing-windows-xp-from-usb/

Tiap langkahnya udah aku ikutin, sampe download file sebesar 300Mb (Update Windows Server 2003) eh hasilnya setelah aku cobaiin booting dari UFD malah yang keluar cuma “b0 error” (apa Flashdisku ga bisa dipake buat booting ya :(, flashdisku Sandisk Cruizer 2Gb). Waduh udah ampir mo nyerah nih, mo pinjem CD-ROM eksternal aja ntar ama orang di kantor :(.

Tetep penasaran, dulu perasaan inget pernah nyimpen artikel dari detikInet tentang cara-cara install Windows dari UFD juga soalnya langkah-langkahnya beda dari yang atas, ta ubek-ubek Hardisk eksternalku eh akhirnya nemu juga :D artikelnya bisa dilihat disini :

http://www.detikinet.com/read/2008/08/14/110750/988400/510/10-langkah-instalasi-windows-xp-dengan-usb

Di artikel ini mah ga ada nyuruh download file yang gede :), setelah diikutin langkah-langkahnya aku coba booting dari Flashdisk, tada…. ada pilihan bootingnya deh tampil, pilihan pertama booting di mode GUI, dan yang kedua di mode Text. Pilih yang kedua dulu (Text) baru setelah format partisi dan kopi file-file windowsnya minta restart yang pertama tuh baru pilih yang mode GUI, selanjutnya… terserah anda :D he..he.. becanda biasa selanjutnya install windows XP :D, nah abis beres yang ini minta restart lagi tuh, jangan dicabut dulu Flashdisknya booting lagi dari Flashdisk pilih yang GUI lagi, nah ntar udah masuk Windowsnya kan baru bisa deh dicabut Flashdisknya :D berhasil…..

Buka Control Panel di bagian System – Hardware liat yang belum kedetek ma windowsnya ehm cuma VGA, Wirelles LAN, ACPI, ama modem yang belum kedetek ama Windowsnya, dowload drivernya deh di :

http://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/MIGR-42358.html

Dah beres install semua driver aku restart (Flashdisk udah dicabut ya :D) terus masuk lagi Windows coba buka wireless lan eh ada akhirnya SSID nya :D beres deh tugasnya :D Notebook IBM T30 nya bisa dipake ngenet di hotspot lagi wkwkwkwk.

Semoga bermanfaat :D

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.