Reset Access Point Senao EOC-3220

New note lagi nih :D, sekarang agak ke hardware dikit. Nemu masalah nih ama Wifi-ku, merknya Senao EOC-3220, lupa password adminnya :( terus di perangkatnya ga ada tombol-tombol yang bisa digunakan untuk reset perangkatnya, ya udah seperti biasa aku cari di mbah Google :D. Akhirnya nemu juga :D. Sebenernya banyak sih blog-blog yang udah bahas hal ini (reset Senao EOC-3220) ya daripada ga da kerjaan buat catetan aja sendiri bisi ntar perlu buat ngereset lagi :D Senao-nya.

Cara resetnya seperti langkah-langkah dibawah :

  1. Hubungkan Senao EOC-3220 dengan kabel serial ke PC atau laptop (kabel serialnya harus male dua-duanya, kalo ga ada bisa beli atau buat sendiri, khusus orang Bandung tersedia di Plaza Kosambi he..he..). Sebelumnya penutup konektor serial di Senao-nya harus dibuka dulu (jadi sediain obeng + juga he..he..) lokasinya di samping konektor RJ-45. Oh iya Senao nya harus dalam keadaan nyala jadi kabel UTP dari POE nya harus disambung juga ke konektor RJ-45 nya, trus POE nya juga harus dinyalain.
  2. Jalankan aplikasi HyperTerminal (Start -> Programs -> Accessories -> Communications -> HyperTerminal atau lewat Run ketik hypertrm kemudian klik OK).
  3. Kalau anda pertama kalinya menjalakan HyperTerminal, akan muncul window untuk mensetting apakah HyperTerminal akan dijadikan default Telnet Program, centang pada checkbox Don’t ask me this question again, kemudian klik No.
  4. Setelah itu akan muncul window Location Information, pilih negaranya kemudian isi area code, lalu klik OK.
  5. Kemudian akan muncul window baru lagi klik OK saja.
  6. Setelah itu aplikasi Hyperterminal akan muncul, isikan nama koneksi misal: EOC-3220, pada textbox name di window Connection Description, kemudian klik OK.
  7. Pilih port COM yang digunakan untuk berhubungan dengan Senao EOC-3220 misal: COM1.
  8. Isikan parameter-parameter berikut pada window Port Settings
    • Bits per second: 38400
    • Data bits: 8
    • Parity: None
    • Stop bits: 1
    • Flow control: None

    Kemudian klik OK.

  9. Kemudian pada window HyperTerminal tunggu sampai muncul tanda #.
  10. Setelah muncul tanda # ketik perintah flash reset kemudian tekan Enter.
  11. Selanjutnya ketik perintah reboot untuk merestart Senao EOC-3220.
  12. Setelah Senaonya restart settingan akan kembali ke settingan pabrik, jadi sekarang username menjadi admin dan passwodnya menjadi admin juga.

Nah selese dah reset Senaonya :D, tinggal masuk ke halaman adminnya aja lagi buat setting password barunya :D (oh iya alamat IP nya juga bakalan kembali ke setinggan awal).

*Catatan: Password yang barunya yang mudah diingat aja :D, ntar lupa lagi he..he…

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.